CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Anda Pegunjung ke...

Tuesday, February 26, 2008

INFO BARU PERPUSTAKAAN!!

TELAH HADIR di Perpustakaan SMPK 4 BPK PENABUR!!!
"BEST SELLER BOOKS"
Buku-buku yang penuh dengan kisah yang memberikan inspirasi serta menyentuh dan mencerahkan hati dengan kesederhanaan kisahnya. Selami ironisnya kisah dalam buku-buku ini, indahnya petualangan mereka. Anda mungkin akan tertawa, menangis, tersentuh, menemukan kebahagiaan tersendiri saat membaca setiap lembarnya.



Laskar Pelangi
(Andrea Hirata)

Begitu banyak hal menakjubkan yang terjadi dalam masa kecil para anggota Laskar Pelangi. Sebelas orang anak Melayu Belitong yang luar biasa ini tak menyerah walau keadaan tak bersimpati pada mereka. Tengoklah Lintang, seorang kuli kopra cilik yang genius dan dengan senang hati bersepeda 80 kilometer pulang pergi untuk memuaskan dahaganya akan ilmu—bahkan terkadang hanya untuk menyanyikan Padamu Negeri di akhir jam sekolah. Atau Mahar, seorang pesuruh tukang parut kelapa sekaligus seniman dadakan yang imajinatif, tak logis, kreatif, dan sering diremehkan sahabat-sahabatnya, namun berhasil mengangkat derajat sekolah kampung mereka dalam karnaval 17 Agustus. Dan juga sembilan orang Laskar Pelangi lain yang begitu bersemangat dalam menjalani hidup dan berjuang meraih cita-cita.

"Buku ini dipersembahkan buat mereka yang meyakini the magic of childhood memories, dan khususnya juga buat siapa saja yang masih meyakini adanya pintu keajaiban lain untuk mengubah dunia: pendidikan."


Sang Pemimpi : Buku Kedua dari Tetralogi Laskar Pelangi
(Andrea Hirata)
* Novel yang menggugah semangat

Sang Pemimpi adalah sebuah lantunan kisah yang memesona dan akan membuat anda percaya diri pada tenaga cinta, percaya pada kekuatanmimpi dan pengorbanan. Lebih dari itu akan membuat anda percayakepada Tuhan. Andrea akan membawa anda berkelana menerobos sudut-sudut pemikiran dimana anda akan menemukan pandangan yang berbeda tentang nasib, tantangan intelektualitas, dan kegembiraan yang meluap-luap, sekaligus kesedihan yang mengharu biru.
Tampak komikal pada awalnya, selayaknya kenakalan remaja biasa, tapi kemudian tanpa anda sadari, kisah karakter - karakter dalam buku ini lambat laun menguasai anda.Potret-potret kecil yang menawan akan menghentakkan anda pada rasa humor yang halus tetapi memiliki efek filosofis yang meresonansi. Arti perjuangan hidup dalam kemiskinan yang membelit dan cita-cita yang gagah berani dalam kisah dua orang tokoh utama buku ini, Arai dan ikal, akan menuntun anda dengan semacam keanggunan dan daya tarik. Dengan begitu, anda dapat melihat ke dalam diri sendiri dengan penuh pengharapan, juga menolak semua keputusan dan ketakberdayaan.


Edensor : Buku ketiga dari Tetralogi Laskar Pelangi

(Andrea Hirata)
Aku ingin mendaki puncak tantangan, menerjang batu granit kesulitan, menggoda mara bahaya, dan memecahkan misteri dengan sains. Aku ingin menghirup berupa-rupa pengalaman lalu terjun bebas menyelami labirin liku-liku hidup yang ujungnya tak dapat disangka. Aku mendamba kehidupan dengahn kemungkinan-kemungkinan yang bereaksi satu sama lain seperti benturan molekul uranium: meletup tak terduga, meyerap, mengikat, mengganda, berkembang, terurai, dan berpencar ke arah yang mengejutkan. Aku ingin ke tempat-tempat jauh, menjumpai beragam bahasa dan orang-orang asing, Aku ingin berkelana, menemukan arahku dengan membaca bintang gemintang. Aku ingin mengarungi padang dan gurun-gurun, ingin melepuh tarbakar matahari, limbung dihantam angin, dan menciut dicengkeram dingin. Aku ingin kehidupan yang menggentarkan, penuh dengan penaklukan. Aku ingin hidup!Ingin merasakan saripati hidup!

Totto-Chan : Gadis Cilik di Jendela

(Tetsuko Kuroyanagi)

Ibu Guru menganggap Totto chan nakal, padahal gadis cilik itu hanya punya rasa ingin tahu yang besar. Itulah sebabnya ia gemar berdiri di depan jendela selama pelajaran berlangsung. Karena para guru sudah tak tahan lagi, akhirnya Totto chan dikeluarkan dari sekolah. Mama pun mendaftarkan Totto chan ke Tomoe Gakuen. Totto chan girang sekali, di sekolah itu para murid belajar di gerbong kereta yng dijadikan kelas. Ia bisa belajar sambil menikmati pemandangan di luar gerbong dan membayangkan sedang melakukan perjalanan. Mengasyikkan sekali kan? Di Tomoe Gakuen, para murid juga boleh mengubah urutan pelajaran sesuai keinginan mereka. Ada yang memulai hari dengan belajar fisika, ada yang mendahulukan menggambar, ada yang ingin belajar bahasa dulu, pokoknya sesuka mereka. Karena sekolah itu begitu unik, Totto chan tidak hanya belajar fisika, berhitung, musik, bahasa, dan lain-lain di sana. Ia juga mendapatkan banyak pelajaran berharga tentang persahabatan, rasa hormat dan menghargai orang lain, serta kebebasan menjadi diri sendiri.

INFO PERPUSTAKAAN

TELAH HADIR !


Untuk mengakhiri suatu jenjang pendidikan, seorang siswa harus mengikuti suatu tahap yang disebut ujian nasional. Tentu tidak mudah untuk melewatinya. Untuk itu, diperlukan berbagai persiapan untuk menghadapinya. Salah satunya adalah dengan menguasai materi yang
diujikan dan berlatih mengerjakan soal-soal.
Oleh karena hal tersebut, perpustakaan SMPK 4 BPK PENABUR menghadirkan buku-buku latihan ujian nasional beserta pembahasan materinya. Seluruh soal-soal dalam buku-buku tersebut dibahas secara tuntas, sehingga memudahkan siswa untuk memahaminya dengan cepat. Dengan adanya buku-buku ini, diharapkan bisa dimanfaatkan oleh para siswa untuk menjadi bahan latihan agar lebih menguasai materi pelajaran yang diujiankan.


* BUKU SERIAL TEENLIT *
Buku-buku novel yang menceritakan kisah-kisah remaja.

* BukuSeri Ayo Berkreasi*





Thursday, February 14, 2008

Penghargaan Bagi Siswa Yang Menggunakan Fasilitas Perpustakaan Dengan Baik


Perpustakaan SMPK 4 BPK PENABUR memberikan piagam penghargaan kepada siswa-siswi yang menggunakan fasilitas perpustakaan dengan baik setiap bulannya. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong motivasi siswa lain untuk lebih bersemangat dan lebih giat lagi menggunakan fasilitas perpustakaan.



Penghargaan diberikan pada saat Upacara Bendera yang dilaksanakan pada tanggal 17 setiap bulannya.







Berikut ini siswa/siswi yang meraih piagam penghargaan perpustakaan pada bulan Januari 2008 ;



Praise
( Kelas 7 )







Kevin Christian
( Kelas 8 )







Regina Christiani
( Kelas 9 )






Wednesday, February 13, 2008

SEGERA HADIR

Buku koleksi perpustakaan terbaru.......

The Best True Story ;


* Aku Terlahir 500 gram & Buta * No Ones Perfect : Refisi


Seri Ayo Berkreasi

* Ayo berkreasi di Hari Kemerdekaan (Time Kreatif EFK)


* Ayo Berkreasi Menyambut Paskah ( Kate Knigten)


* Kreasi Seni Untuk Hari Natal reasi ( Fiona Watt)



Yuk Jadi Model
(Acip Setiawan)









Chicken Soup for the Soul Graphic Novel: Hadiah Terindah dan kisah-kisah nyata menyentuh lainnya
(Kim Donghwa)

Kisah - kisah yang menggugah hati dalam seri Chicken Soup for the Soul, kini disuguhkan dalam bentuk graphic novel.Ketika adik-adikku tumbuh besar dan menikah, mereka mungkin akan meminta cincin mirah delima Ibu yang cantik atau kalung mutiara nenekku yang antik,tetapi aku tidak.ku lebih memilih kenangan-kenangan kisah cinta ibuku yang spesial ini, yaitu...piring porselen yang pecah ini.Piring porselen yang pecah itu bagi Ibu menghadirkan sejumlah kisah cinta mengenai keluarganya, dan tak ada satu pun yang sebegitu mengesenkannya seperti warisan yang diletakkan pada piring itu. Piring itu mengawali sebuah kisah cinta dari kisah - kisah cinta selanjutnya.
Serial Teenlit


Kintaholic
(Primadonna Angela)

Impian Yanik Prativi--sahabat Lietha Arindina di Belanglicious--akhirnya tercapai juga. Dia jadi pemeran movie bersama Nishio Kintaro, yang saking populernya di seluruh dunia, memiliki banyak Kintaholic--para fans yang mengidolakannya sampai nyaris melampaui batas kewarasan!Hidup Yanik langsung diwarnai berbagai pengalaman seru. Mulai dari usahanya untuk menghitamkan kulit, frustrasi mencari tempat curhat mengenai perasaannya pada Kinta, jalan-jalan di Disneyland, nyasar dan diganggu para berandalan.... Belum lagi mesti menghadapi manajer Kinta yang rese, mantan pacar Kinta yang kembali dalam kehidupan Kinta, fans Kinta yang menyebalkan, hingga Lietha yang membenci para Kintaholic... .Nah lho, gimana dong?! Mana bisa Yanik mengaku pada Lietha bahwa dia adalah salah satu Kintaholic?

Hidupku Yang Sempurna - My Perfect Life
(Dyan Sheldon)

Dulunya, hidupku amat sangat sempurna.Aku punya orangtua yang sempurna, tinggal di kota yang sempurna, dan melakukan hal-hal sempurna bersama anak-anak sempurna. Tapi terus Lola Cep pindah ke Dellwood. Aku tak ingin kau salah tangkap. Aku nggak bermaksud mengatakan Lola menghancurkan hidupku yang sempurna. Lola memang mirip bom nuklir, tapi dia sama sekali tidak berbahaya. Tapi begitu aku mengenalnya, diriku berubah. Dan seluruh hidupku pun berubah. Dan untuk semua itu aku jelas dan pasti menyalahkan Lola Cep.


Summer Triangle
(Hara Hope)

Juara 2 Lomba Novel Teelit Writer 2005

" Saat kamu menatap langit di malam musim kering,pandanglah langit utara,temukan tiga bintang yang membentuk segitiga,Lalu dengar kisahnya."

Vega ditantang bokapnya untuk memotret bintang jatuh. Lantaran diiming-imingi hadiah, dia jelas nerima tantangan itu kendati memotret bintang jatuh merupakan hil yang mustahal. Hikmahnya, tantangan ini merupakan tiga cewek yang beda jauh karakternya: Vega, Wiwi, dan Nina jadi akrab banget.



A Little White Lie
(Titish AK)

Ocha benci Adit! Meskipun cowok itu idola cewek satu sekolah, bagi Ocha, Adit nggak lebih dari sekadar perusak image dan pembawa sial. Sejak kenal Adit, Ocha berevolusi jadi cewek cengeng, malu-maluin, suka bohong, dan doyan melet. Pokoknya Ocha benci Adit. Titik. Tuhan seperti memberikan jalan untuk membalas dendam ketika tanpa sengaja Ocha menemukan apa yang bakal dianggap harta karun oleh cewek-cewek di sekolahnya: nomor handphone Adit, yang katanya susaaaah banget dicari tahu itu.Awalnya Ocha berencana menjual informasi nomor handphone Adit ke teman-temannya. Karena nggak tega, akhirnya Ocha cuma ngisengin Adit lewat SMS dengan nama samaran Ayu.Tapi bukannya sukses balas dendam, Ocha malah jadi tambah pusing. Soalnya kebohongan kecil yang dia ciptakan itu menimbulkan masalah-masalah baru. Misalnya saat Adit ternyata naksir Ayu!

Perpustakaan SMPK 4 BPK PENABUR


Perpustakaan SMPK 4 BPK PENABUR berdiri sejak tanggal 1 Januari 1972. Terletak di Jl. Guntur No. 34 Bandung.Tujuan didirikannya adalah menjadi salah satu sarana penunjang pendidikan dalam memperkaya ilmu pengetahuan para peserta didiknya dan dapat juga menunjang kegiatan bidang studi, belajar mengajar, sehingga meningkatkan mutu pendidikan peserta didiknya.

Perpustakaan SMPK 4 BPK PENABUR memiliki koleksi buku yang beragam, selain itu memiliki fasilitas penunjang lainnya seperti komputer yang dapat mengakses internet dan juga TV, DVD yang dapat digunakan oleh para guru bidang studi untuk memberikan ilmu pengetahuan dan pendidikan melalui film-film yang ditayangkan.


Sistem pelayanannya terbuka. Jadi para anggota perpustakaannya dapat memilih secara langsung buku apa saja yang akan dibaca ataupun dipinjam.


Tuesday, February 12, 2008

APAKAH PERPUSTAKAAN ITU ?


Sebelum kita mengetahui banyak hal mengenai perpustakaan
SMPK 4 BPK Penabur, marilah kita mengenal terlebih dahulu apakah perpustakaan itu.

PERPUSTAKAAN :
Berasal dari kata "Pustaka" . Menurut kamus umum Bahasa
Indonesia karangan W.J. Purwadarminta, kata pustaka artinya buku. Sedangkan perpustakaan artinya kumpulan buku (bacaan, dsb).
Perpustakaan dalam bahasa Inggris disebut "library", berasal dari bahasa Romawi yaitu "librarium" yang terdiri dari kata liber dan armarium. Liber artinya buku, sedangkan armarium artinya lemari. Jadi dilihat dari asal katanya, berarti lemari dimana di dalamnya terdapat buku-buku.
Namun apakah pengertian perpustakaan hanya seperti demikian ini?
Definisi perpustakaan secara sederhana dapat disebut sebagai berikut:
Perpustakaan adalah suatu wadah atau tempat di mana di dalamnya terdapat bahan pustaka yang disusun menurut sistem tertentu untuk masyarakat pembacanya guna meningkatkan mutu kehidupannya.