CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Anda Pegunjung ke...

Sunday, April 27, 2008

Lomba Resensi

Berikut ini adalah hasil dari lomba meresensi buku yang diikuti oleh siswa-siswi SMPK 4 BPK PENABUR . Kira-kira siapa ya yang menjadi pemenangnya?

* Praise (kelas 7)

* Yohanna ( kelas 7)

* Merry ( kelas 7)

* Jessica A.R. ( kelas 7)

* Merry C. (kelas7)

* Fanny w. (kelas 7)

* Stella (Kelas 8)

*Sondang ruth ( Kelas 8)

* Regina ( kelas 9B)

Ayo berikan pendapatmu di kolom komentar ya......



Regina
( Kelas 9B/16 )


Summer Triangle
184 halaman
Hara Hope
PT. Gramedia Pustaka Utama
April 2005


Vega ditantang oleh ayahnya untuk memotret sebuah bintang jatuh hasil karyanya sendiri. Vega menyanggupinya. Vega meminta waktu dua minggu kepada ayahnya untuk mendapatkan foto itu. Setiap malam Vga berusaha untuk mendapatkannya. Ia duduk di beranda kamarnya sambil meneropong dan terus mencari bintang jatuh. Ia terus melakukannya setiap malam bahkan seringkali hingga dini hari. Akibatnya, ia sering tertidur dalam perjalanan di sekolahnya, SMU Arcadia. Suatu hari, ia dipanggil oleh Pak Tagor, guru yang terkenal “ killer “ di sekolahnya karena tertidur di dalam pelajarannya.
Suatu hari, Vega mengajak Wiei, sahabatnya bolos untuk menemaninya ke Parangtritis, Jogjakarta, demi mencari “sang bintang jatuh”. Di sana jugalah mereka bertemu dengan Nina, salah satu murid SMU Arcadia, sampai akhirnya mereka bersahabat. Sesampainya di Jakarta, Vega segera mengunjungi studio foto dekat sekolah untuk mencuci foto bintang jatuh yang ia dapatkan di Parangtritis. Namun, hasilnya tidak sesuai dengan harapannya. Kameranya tidak dapat menangkap bintang itu. Ia pulang dengan hati yang kecewa.
Ternyata berita ini didengar oleh Rio, musuh Vega sejak kelas 1. Rio bilang tantangan memotret bintang jatuh hanya akal-akalan ayahnya Vega, Ayahnya Vega hanya ingin menunjukkan asal muasal nama Vega. Ternyata, apa yang Rio katakan benar. Vega adalah salah satu nama bintang dalam rasi bintang Summer Triangle. Rio menjelaskan Summer Triangle kepada Vega dan mengajaknya melihat Summer Triangle di vilanya di puncak.
Suatu hari, Rio masuk rumah sakit. Ia terkena tumor otak. Namun ia tidak mau diobati. Tetapi, setelah ia berziarah ke makam Sephia, ia mau dioperasi, tapi neyawanya tidak tertolong. Ia pun dimakamkan pukul sembilan malam saat Summer Triangle terlihat dengan jelas.

Comment :
Menurut saya, buku ini sangat menarik. Cocok untuk di baca karena membahas kehidupan sehari-hari dan dapat menambah pengetahuan tentang mitologi Yunani.

Lomba Resensi

Sondang Ruth
( Kelas 8/18)

Judul : Laskar Pelangi
Jumlah Halaman : 529 halaman
Pengarang : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang
Tahun Cetakan Pertama : 2005

Ringkasan Cerita :

Tentang sekelompok anak yang terdiri dari 11 orang anak Melayu Belitong. Mereka begitu menggebu-gebu untuk meraih cita-cita melalui PENDIDIKAN. Dengan semangat tanpa lelah, mereka mempunyai TEKAD yang keras. Di dalamnya juga terdapat cerita petualangan, persahabatan, cinta, dan impian.

Pendapat : Buku ini menginspirasi yang membacanya dalam bidang menempuh pendidikan. Terdapat gambaran sosok anak-anak daerah yang begitu senang karena dapat bersekolah. Buku ini menarik, dengan alur yang berbeda.

Lomba Resensi


Stella
( Kelas 8/19 )

Judul Buku : Summer Triangle
Pengarang : Hara Hope ( Haji Arif Arofah )
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

Tempat, Tahun,Tanggal terbit :
* Cetakan 1 : Jakarta, April 2005
* Cetakan 2 : Mei, 2005
Tebal Buku : 184 halaman, 0,8 cm
Tinggi Buku : 20 cm
Lebar Buku : 13,5 cm
Ilustrasi dan Desai Sampul : Iroel
Editor : Indah S. Pratidina
Bahasa Buku : Sehari-hari
Jenis Buku : NOVEL-FIKSI-TEENLIT
Sampul Buku : Soft Cover
Kertas Buku : Kertas Buram
Tema : Romantika Remaja – Rasi Bintang
Prestasi Buku : Juara 2 Teenlit Writer 2005

Ringkasan cerita :

Ketiga sahabat ( Vega, Wiwi, Nina ) yang membantu Rio untuk menemukan rahasia Summer Triangle. Dalam hari-hari mereka, satu persatu rahasia masa lalu terungkap. Mampukah ketiga gadis Summer Triangle mlepaskan Rio dari baying-bayang Eridik ?

Comment :


Ceritanya bagus n menarik banget. Banyak juga pengetahuan yang bisa didapat terutama tentang rasi bintang. Wajib baca deh!

Lomba Resensi


Praise
(Kelas 7/28)


Judul Cerita : Si Pemalas
Jumlah Halaman : 16
Pengarang : Loekis Haryadi
Penerbit : Jodipati Luhur
Tahun Cetakan : 2003


Ringkasan cerita:

Matahari sudah mulai terbit, burung-burung berkicau, satwa-satwa lain pun sibuk keluar rumah untuk mulai bekerja. Lain halnya dengan Samu Semut, Sami Semut sudah mengajaknya untuk ikut bekerja bersama-sama teman lainnya, tetapi Samu Semut tetap saja mendengkur dan bermalas-malasan.

Menjelang siang, langit nampak mendung dan seprtinya akan terjadi hujan deras. " Pasti akn deras", kata tikus sawah kepada temannya. " Mari kita pulang sebelum hujan turun. Anak kita pasti sudah menunggu", kata burung jantan pada istrinya. Bukan hanya burung dan tikus sawah saja yang gelisah, tetapi makhluk-makhluk lain pun demikian. begitu pula semut-semut hitam. Mereka tidak berani pulang ke rumah karena takut banjir. Mereka mencari tempat tinggi untuk berlindung. Beberapa lama kemudian hujan mulai reda. " Wah rumah kita pasti hancur diterjang banjir", kata salah satu semut. "Tetapi bersyukurlah kita selamat", kata Siomi Semut.

Setelah banjir mulai surut, Simi dan teman-temannya bergegas kembali ke rumah masing-masing. Dalam perjalanan pulang, Simi melihat seekor semut tersangkut ranting pohon. Semut itu terlihat sangat lemah. Simi mengajak teman-temannya untuk menolongnya. ternyata semut itu adalah Samu Semut. Samu menyesali perbuatannya untuk bermalas-malasan. Dia janji untuk rajin bekerja.

* Pendapat saya mengenai buku ini, buku ini bagus karena mengajari kita untuk tidak bermalas-malasan dan rajin bekerja.

Lomba Resensi


Jessica A.R
(Kelas 7)

Judul Buku : Hadiah yang Terindah
Jumlah Halaman : 29 halaman
Pengarang : Judy Katschke
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Cetakan : 2000


Ringkasan Cerita :

Hari ini Ratu Atta Berulang Tahun. Semua semut membawa hadiah untuknya! Tapi kenapa Flik tidak tampak: " Aku ingin membawakan hadiah yang terindah!" kata Flik. Flik melihat ke atas dan ke bawah. Menemukan hadiah yang terindah tidak mudah. Ide Flik mulai berkembang. "Ini hanya sekuntum bunga aster biasa sekarang", kata Flik ." Tapi tak lama lagi dia akan menjadi......." " Komidi putar untuk Atta!" " Mungkin kipas angin berguna untuk Ataa! Siap-siaplah untuk kedinginan, Dot!" Barangkali aku bisa membuat pesawat terbang untuk Atta! Mungkin lebih baik kau beri Atta kartu saja, Tidak! Aku pasti bisa menemukan hadiah yang terindah walaupun yang lain belum berhasil sempurna, pasti aku bisa menemukannya. Aku akan membangun payung pantai buatnya! Atu...." Uh-oh Ratu Atta datang!
Ini hanya sekuntum bunga aster biasa. Indah sekali! Kata Ratu Atta...
Benar? tanya Flik. Dia melihat ke bunga aster itu dan tersenyum ' Ya benar ! Selamat ulang tahun Atta!"



* Pendapat saya : Jika ingin sesuatu yang terindah, gak usah repot-repot mencari hadiah yang paling indah, tapi berikanlah ucapanmu dan doa yang tulus untuknya.

Lomba Resensi


Merry C
(Kelas 7/26)


Judul Buku
: Totto Chan
Pengarang : Tetsuko Kuroyanagi
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Cetakan : 2007

Ringkasan Cerita :

Kisah ini menceritakan tentang seorang gadis cilik yang nakal dan memiliki rasa keingintahuan yang besar. Ia bernama “Totto Chan”, seorang gadis kecil yang gemar berdiri di depan jendela ini memiliki pengalaman yang menarik.
Ketika Totto dikeluarkan dari sekolahnya. Karena guru-guru di sana sudah tak tahan dengan tingkah laku Totto Chan yang selalu membuat kelas gaduh, akhirnya mama menyekolahkan Totto di tomoe Gakuen. Totto sangat senagn dengan sekolahnya yang baru itu. Selain Kepala Sekolahnya baik, ramah, dan bijaksana, di sana juga kita dapat belajar di dalam kereta.
Menurut Totto bersekolah di tomoe Gakuen sangat menyenangkan karena selain belajar dalam kereta, anak-anak di sana juga dapat mengubah daftar pelajaran sesuai keinginan mereka.
Tanpa terasa Totto Chan mendapatkan banyak pelajaran berhjarga mulai dari arti persahabatan, rasa hormat, dan kebebasan menjadi diri sendiri.

Lomba Resensi

Fanny W.
( Kelas 7/12 )
Judul Buku : Supernova ( KSATRIA, PUTERI, Dan Bintang Jatuh )
Pengarang : Bestseller
Penerbit : Truedee Books
Tebal : 226 halaman
Tahun : 2000


Ringkasan :
Keping 1 : Yang ada Hanyalah Ada
- Satu ombak penyendiri yang mengarungi lautan dengan bentuk dan kecepatan konstan, tanpa pernah melebar dan terurai seperti ombak normal lainnya.

Keping 2 : Ksatria
- selalu mebuat puisi atau lagu di malam hari

Keping 3 : Keresahan yang Terabaikan
- selalu memikirkan dan selalu merasakan keresahan

Keping 4 ; Puteri
- Kisah rana yang lahir dengan klep jantungnya yang lemah.


Ringkasan dari keeping 1-33 adalah setiap manusia mempunyai rasa cinta yang mendalam tanpa memikirkan apa-apa. Cinta itu seperti ombak yang terurai. Selalu membuat perasaan lewat lagu di malam hari dengan iringan piano. Cinta itu selalu ada rasa resah. Tetapi bila cinta itu menyakitkan. Tetapi akhirnya cinta itu saling menyatu dan ada di dalam hati yang saling bergandengan tangan selalu.

* Segi kebahasaan: Isi buku ini disajikan menggunakan Bahasa Indonesia Baku.
* Alur cerita maju
* Amanat : Cinta itu indah tetapi cinta itu
menyakitkan. Jadi kita tidak boleh
terpengaruh karena cinta.

Lomba Resensi

Merry
(Kelas 7/25)

Judul Buku : The Magic Finger
Jumlah Halaman : 63 halaman
Pengarang : Roald Dahl
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama


Ringkasan Cerita :

Pak dan Bu Gregg memiliki pertanian. Pak dan Bu gregg memiliki 2 anak laki-laki yang bernama Philip dan William. Kadang-kadang aku pergi ke sana untuk bermain. Aku anak perempuan usiaku 8 tahun. Philip berusia 8 tahun, sedangkan William berusia lebih tua 3 tahun. Pak Gregg dan kedua anaknya senang sekali berburu. Anak perempuan berusia 8 tahun ini memiliki jari ajaib. Jika ada yang membuat dia marah, dia akan meluncurkan hukuman dengan jari ajaib. Anak perempuan ini sangat marah kepada keluarga Gregg, karena selalu memburu hewan di hutan. Akhirnya dia mengacungkan jari ajaib kepada keluarga Gregg. Itu juga terjadi kepada Ibu Winter. Pada suatu hari aku disuruh mengeja kata kucing. Itu sih gampang, “ K-A-T..” lalu Ibu Winter menyebutku anak bodoh. Akhirnya akupun marah kepada ibu Winter, aku mengacungkan jariku. Lalu misaim mulai tumbuh di wajahnya, misaim itu percis seperti kucing hanya saja lebih besar dan panjang. Seluruh kelas mulai tertawa terbahak-bahak. Tak lama kemudian ekor mulai tumbuh. Ekornya besar dan berbulu lebat. Keluarga Gregg selalu diikuti oleh itik. Padfa waktu malam harinya Pak Gregg melihat 4 itik yang terbang di depannya. Pada waktu pagi hari Pak dan ibu Greeg tangannya berubah menjadi sayap dan tubuhnya kecil. Lalu 2 anaknya berubah sangat kecil dan juga memilki sayap. Ternyata ada 4 ekor itik sangat besar berdiri di depan rumahnya. Akhirnya keluarga Greeg membuat sarang di pohon yang batangnya paling tinggi. Sarang di pohon itu yang batangnya paling tinggi. Sarang itu terbuat dari ranting-ranting. Pada malam harinya sangat membuat keluarga Greeg ketakutan. Rasanya ingin cepat-cepat pagi. Pada pagi harinya ada 4 ekor itik akan membunuh keluarga Gregg. Lalu Pak Gregg memohon-mohon untuk tidak membunuhnya dengan syarat tidak akan memburu lagi dan menghancurkan semua senapannya. Akhirnya mereka kembali seperti biasa. Sekarang keluarga Greeg sudah tidak berburu dan sekarang nama keluarga Gregg menjadi keluarga egg. Ternyata sekarang keluarga Cooper yang berburu lalu gadis itu tidak bisa mengendalikan dirinya lalu mengalurkan jari ajaibnya.

Lomba Resensi


Yohanna
( Kelas 7/37 )


Judul Buku : Franklin dan Kamarnya
Nama Pengarang : Paulette Bourgeois
Nama Penerbitnya : Kanisius
Tahun Penerbitannya :
Jumlah Lembar Halaman : 15 lembar


Rangkuman :

Franklin sudah bisa berhitung, menarik resleting, mengancingkan bajunya sendiri, mengikat sepatunya sendiri. Tapi, Franklin tidak bisa rapi sehingga tidak bisa menemukan barang yang dicarinya. Suatu hari Franklin mencari pedang istimewanya kerena ia membikinnya sendiri untuk bermain bersama temannya. Ia mencari pedangnya di setiap sudut kamarnya. Malah ia menemukan kelereng, sebonggol apel dan topi kesayangannya.
Tapi tetap saja ia tidak menemukan pedangnya. Ibunya Franklin masuk ke kamarnya. Franklin bertanya pada ibunya tentang pedangnya. Ibunya menggelengkan kepalanya sambil memperhatikan kamar Franklin dan berkata “ Franklin, lihat kamarmu berantakan sekali! Ayo bereskan sebelum bermain!!” Franklin cemberut dan berkata di dalam hatinya, mengapa kamar berantakan harus diributkan ?
Lalu ia membereskan kamarnya dengan tergesa-gesa. Ia langsung berlari menuju rumahnya Baer dan Beaver. Ternyata mereka sedang berkelahi melawan siluman naga! Mereka meminta bantuan Franklin, tetapi Franklin tidak bisa. Bear dan Beaver kecewa. Lalu Franklin melihat sebuah ranting dan ia memutuskan memakai itu saja.
Mereka bertempur melawan siluman naga. Franklin berjanji besok akan membawa pedang dan menyelamatkan Putri Beaver. Beaver jengkel karena ia tidak ingin menjadi yang diselamatkan. Franklin membolehkan Beaver menjadi ksatria ketika Franklin pulang ia ditegur ayahnya karena menyimpan barangnya dengan sembarangan.
Goose si angsa, meminta puzzlenya yang dipinjam Franklin. Tetapi Franklin tidak menemukannya. Orang tua Franklin mengjhampirinya, dan Franklin berkata pedangnya patah. Ibunya berkata “ Mengapa barangmu tidak ditempatkan pada kotak?” Lalu Franklin mengambil beberapa kotak dan menamakannya. Tak lama ia menemukan Puzzle Goose, pensil warna, dan buat pedang dan perisai baru.
Keesokan harinya ia berdandan seperti ksatria dan perisainya bertuliskan Ksatria Franklin setia dan berani.

Pengumuman Lomba

Halloo.... siswa-siswi
SMPK 4 BPK PENABUR & SDK 5 BPK PENABUR
Pendaftaran " LOMBA MEMBUAT RESENSI BUKU " di buka lagi !!!
Jadi bagi siswa-siswi yang belum sempat mendaftar sebelumnya dapat mendaftar sekarang juga. Batas waktu pendaftaran dibuka sampai dengan tanggal ...


... 29 April 2008 ...

Jangan sampai lewatkan kesempatan ini ya! Hadiahnya menarik loh !!!

* Hasil resensi dikumpulkan paling lambat tanggal 30 April 2008
* Formulir pendaftaran dapat diperoleh di Perpustakaan